Senin, 15 April 2013

Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Selenggarakan Sholat Jumat Perdana

Jumat siang, 12 April 2013, pemandangan berbeda tersaji di anjungan atau waving gallery Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta. Menjelang waktu pelaksanaan sholat Jumat sekitar pukul 11.30 tampak para pengguna jasa bandara dan para pekerja di Bandara Soekarno-Hatta bergegas naik ke anjungan melalui tangga yang berdekatan dengan area jajanan Red Corner atau sebelah kiri arrival hall Terminal 1A.

Siang itu merupakan waktu penyelenggaraan sholat Jumat perdana di Terminal 1. Selama ini kaum muslimin para pengguna jasa bandara maupun para pekerja yang hendak menunaikan ibadah sholat Jumat terlebih dahulu harus keluar area Terminal 1 menuju Masjid Nurul Barkah yang lokasinya berada di seberang utara Terminal 1. Kegiatan sholat Jumat ini terselenggara berkat kerjasama antara manajemen Terminal 1 dengan Yayasan Bayt El Samaa yang selama ini menjadi pengelola Masjid Nurul Barkah Bandara Soekarno-Hatta.

Waving gallery Terminal 1A dipilih karena berdasarkan hasil kajian dan observasi di setiap sudut Terminal 1, lokasi ini dinilai paling pas untuk dapat menampung jamaah sholat Jumat perdana yang mulanya diperkirakan akan diikuti sekitar 600 jamaah. Tim observasi lokasi ini terdiri dari perwakilan manajemen Terminal 1 dan Yayasan Bayt El Samaa.

Animo jamaah sholat Jumat yang diimami Ustadz Ahmad Syauqi ini ternyata sangat besar. Diperkirakan jamaah yang hadir mencapai angka seribuan orang sehingga kapasitas waving gallery yang dipersiapkan tidak mencukupi. Dampaknya jamaah yang tidak kebagian tempat menggelar koran sebagai alas sholat.

Seusai sholat Jumat, manajemen Terminal 1 dan Yayasan Bayt El Samaa mengadakan evaluasi sembari makan siang bersama di Ruang Rapat Arjuna Terminal 1. Pada kesempatan itu General Manager Terminal 1, Abiyoso, menyampaikan rasa bahagianya atas kesuksesan penyelenggaraan sholat Jumat perdana di Terminal 1 terlepas dari beberapa kekurangan yang terjadi. “Alhamdulillah sholat Jumat perdana di sini berjalan lancar. Kekurangan yang terjadi saat ini masih dalam batas wajar dan menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya,” ujar Abiyoso dengan muka berbinar.

“Kekurangan-kekurangan yang terjadi saat ini akan kami perbaiki, seperti masalah sound system yang memerlukan penambahan, begitu juga dengan rak sepatu dan tempat penitipan tas bagi jamaah,” lanjutnya. Mantan GM Bandara Supadio Pontianak ini juga tidak menyangka atas besarnya animo para jamaah yang jumlahnya sampai melebihi kapasitas waving gallery yang disediakan untuk sholat Jumat.

Abiyoso berharap dengan dimulainya penyelenggaraan sholat Jumat di Terminal 1 ini, ke depan para pengguna jasa bandara di Terminal 1 yang ingin menunaikan sholat Jumat tidak perlu jauh-jauh ke Masjid Nurul barkah. Di sisi lain kegiatan ini diharapkan dapat menekan penumpukan mobil yang di parkir di bahu jalan sekitar Masjid Nurul Barkah saat tiba waktu sholat Jumat.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Ketua Yayasan Bayt El Samaa, H. Zain Zainuddin, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua tim Terminal 1 yang telah bekerja keras mewujudkan kegiatan ini. Zain menuturkan bahwa pihaknya akan segera melengkapi sarana pendukung sholat Jumat yang dirasa masih kurang. Pekan depan tim dari Yayasan Bayt El Samaa juga akan kembali melakukan pendeteksian arah kiblat karena ditakutkan akan terjadi pergeseran arah. Hal ini disebabkan karena kondisi Terminal 1 yang bentuknya setengah lingkaran. Kekurangan yang terjadi juga menjadi tanggung jawab pihaknya yang nantinya akan terus dikomunikasikan dengan tim Terminal 1.

Penyelenggaraan sholat Jumat di Terminal 1 ini bermula dari banyaknya permintaan pengguna jasa bandara yang menginginkan adanya sholat Jumat di Terminal 1. Seperti disampaikan oleh Toto Murbantoko, Officer in Charge Terminal 1. “Kegiatan ini mulanya datang dari masukan dan permintaan penumpang yang menginginkan adanya sholat Jumat di Terminal 1. Dari situ kemudian kami menggandeng pengurus Masjid Nurul Barkah (Yayasan Bayt El Sama) untuk menyelenggarakan sholat Jumat di sini,” tutur pria yang juga menjadi koordinator sholat Jumat Terminal 1 ini. Setelah mendapat lampu hijau dari Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Bram Bharoto Tjiptadi, kegiatan ini akhirnya benar-benar terlaksana.(Aze-BSH)

Suasana shalat jumat di anjungan atau waving gallery Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta

3 komentar:

  1. salut dengan pelaksanaan sholat di bandara cengkareng, semoga bisa istiqomah

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah.. AP2 khususnya T1 bisa memfasilitasi, tadinya khawatir gak bisa melaksanakan sholat jumat☺

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah.. AP2 khususnya T1 bisa memfasilitasi, tadinya khawatir gak bisa melaksanakan sholat jumat☺

    BalasHapus