Kamis, 21 Maret 2013

KUNJUNGAN KOMISI V DPR RI

Kunjungan Komisi V DPR RI ke PT Angkasa Pura II (Persero) pada tanggal 21 Maret 2013 di Auditorium Kantor Pusat Ged 600 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam rangka meninjau sejauh mana rencana Angkasa Pura II dalam mengerjakan pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Grand Design of Soekarno-Hatta International Airport).

Kegiatan diawali dengan ekspos presentasi dari Kepala PMU Pengambangan Bandara Soekarno-Hatta Bpk Indra Tjahya. Pada kesempatan ini, Beliau menjelaskan tahapan proyek yang dilakukan oleh Angkasa Pura II dengan memperhatikan operasi bandara itu sendiri. 

"Tahap pertama pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Grand Design) ini diawali dengan pengerjaan perluasan terminal 3 (T3 Ultimate). Setelah tahap pertama selesai, tahap selanjutnya ialah pengembangan terminal 2 dan terminal 1. Tahap ke 2 ialah pengembangan terminal 2, segala kegiatan penerbangan dialihkan ke terminal 3 dan begitu juga pada tahap 3, untuk pengerjaan pengembangan terminal 1, kegiatan operasional terminal 1 dialihkan ke terminal 2." terang Bpk Indra Tjahya dalam pemaparannya di depan anggota komisi V,  dan Direksi AP II yang diwakili oleh Direktur SDM dan Umum Bpk R.P. Hari Cahyono, Direktur Pengembangan Kebandarudraan dan Teknologi Bpk Salahudin Rafi beserta jajarannya.

Dengan adanya Grand Design of Soekarno-Hatta Airport ini :
  1. Terminal 3 yang semula menampung 4 juta penumpang per tahun, setelah pengembangan dapat menampung 25 juta penumpang per tahun.
  2. Terminal 2 yang semula menampung 9 juta penumpang per tahun, setelah pengembangan dapat menampung 19 juta penumpang per tahun.
  3. Terminal 1 yang semula menampung 9 juta penumpang per tahun, setelah pengembangan dapat menampung 18 juta penumpang per tahun. 
  4. Sehingga diprediksi di tahun 2015, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat menampung 62 juta penumpang pertahun.
  5. Dilanjutkan dengan pengerjaan Integrated Building, Cargo Village, Commercial Area, New Runway 3 dan New Terminal 4.
  6. Dengan adanya penambahan terminal 4 ini, Bandara Internasional Soekarno-Hatta diprediksi dapat menampung 87 juta penumpang per tahunnya.
Rombongan melanjutkan kegiatan dengan meninjau lokasi pengerjaan perluasan terminal 3 (T3 Ultimate) bersama rombongan dari Angkasa Pura II. Komisi V sangat antusias melihat rencana pengembangan besar yang akan dilakukan oleh Angkasa Pura II. Besar harapan dalam pelaksanaannya dapat cepat terwujud dan lancar, sehingga masyarakat Indonesia (Domestik) dan masyarakt asing (Internasional) dapat terlayani dengan baik di negara kita tercinta ini. (AG-PST)
Pemaparan Rencana Pengembangan oleh Bpk Indra Tjahya Selaku Kepala PMU Pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Foto Bersama Direksi AP II, Dirjen Perhubungan, Komisi V DPR RI didampingi oleh Polres Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Lokasi Pengerjaan Perluasan Terminal 3 (T3 Ultimate)
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar