Kamis, 03 Januari 2013


PERTUKARAN KARYAWAN & STUDI BANDING
PT ANGKASA PURA II (PERSERO) - INCHEON INTERNATIONAL AIRPORT, KOREA

Mengacu pada MOU antara PT Angkasa Pura II (Persero) dan Bandara Internasional Incheon No MoU.04.07.02/00/06/2012/004, PT Angkasa Pua II dan Bandara Internasional Incheon telah berkolaborasi untuk merancang, mengembangkan, dan melakukan program pertukaran karyawan.
Jajaran Direksi Bandara Incheon, Komisaris & Direksi AP II, serta pada General Manager 

Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, pengembangan dan peningkatan kinerja bisnis sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi organisasi untuk memahami  bahwa peningkatan adalah hal sangat diperlukan serta pemahaman tentang pentingnya  standarisasi sebagai indikator untuk pencapaian target. Kegiatan ini mencakup  perbandingan, belajar dan praktek dari ahli di industri penerbangan. Pertukaran karyawan dan studi banding sangat membantu untuk mendapatkan tambahan pengalaman dalam lingkup global bisnis penerbangan dan kerjasama lintas perusahaan serta kolaborasi. Sebagai salah satu kebijakan strategis perusahaan, hal ini sangat berperan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam hal memahami aspek bisnis dalam jangka panjang
Pertukaran karyawan dan studi banding adalah agenda strategis perusahaan yang diperuntukkan bagi karyawan-karyawan terpilih dengan tujuan mengadopsi budaya pelayanan prima yang sangat mempengaruhi kinerja perusahaan. Kedepan karyawan-karyawan tersebut yang telah menyelesaikan program pertukaran karyawan dan studi banding diharapkan bisa melakukan transfer knowledge, berperan dalam pembuatan kebijakan, serta bisa melakukan penerapan dari  hal-hal yang bisa diadopsi dari perusahaan mitra.
Airport Council International telah menganugerahi Bandara Incheon sebagai bandara terbaik dari aspek pelayanan bandara selama 7 tahun berturut-turut. Disamping itu, Incheon juga mendapat penghargaan khusus dari ACI atas kontribusinya dalam peningkatan standard pelayanan bandara sehingga menjadi bandara percontohan
Terkait dengan program pertukaran karyawan dan program studi banding, berikut adalah topik-topik yang diajukan untuk menjadi bahasan utama, diantaranya yaitu:

1.   Operasi
·      Pelayanan Pelanggan
·      Operasi Bandara
·      Penanganan complain
·      Kebersihan bandara dan keramahan

 2.   Komersial
·      Strategi bisnis komersial
·      Strategi Pengaturan tenant
·      Tarif di Bandara
·      Bisnsi retail Bandara
·      Pengembangan propertI Bandara
·      Unit bisnis strategis

3.   Teknik
            ·      Teknologi Baru
            ·      Prosedur Perawatan
            ·      Manajemen Kontrol Sistem

4.      Pengembangan Sumber Daya Manusia
            ·      Perencanaan strategis korporasi
            ·      Budaya Perusahaan
            ·      Organisasi
            ·      Sistem manajemen bakat
            ·      Keuntungan-keuntungan sosial
            ·      Pengembangan karir
            ·      Pelatihan dan pengembangan

5.      Peneliatan dan Pengembangan


EMPLOYEE EXCHANGE & BENCHMARK PROGRAM BETWEEN PT ANGKASA PURA II (Persero) & INCHEON INTERNATIONAL AIRPORT, KOREA

Refer to the MOU between PT Angkasa Pura II (Persero) and Incheon International Airport No. MoU.04.07.02/00/06/2012/004, PT Angkasa Pura II and Incheon International Airport has joined forces to design, develop, and deliver the exchanges program.

In highly competitive business environment today, developing and improving business performance is very important for company longevity. Therefore, it is essential for the organization to understand where improvements are needed and making sets of indicator to raise performance up to the target. This involves comparison, learning and practice from the first hand of the best practice in aviation industry. Employee exchange and benchmark helps to gain further experience in the global scope of aviation business and cross-company cooperation and collaboration. As one of ongoing strategic management program, it enables the company to acquire human resource with expanded knowledge within business over succeeding years.

Employee exchange and benchmark is strategic agenda aimed to give selected employee within the company to adapt the environment where service excellent culture is heavily influencing performance. In the future selected employee who have completed employee exchange and benchmark scheme expected to conduct the transfer knowledge, contribute to the policy making, and implementation from best practice company partner.

Incheon Airport has been rated as the best airport for its airport service by the Airports council International for seven consecutive years. It also receive a special awards that was specifically created by ACI to recognize Incheon Airport’s contribution in enhancing the level of airport services as a role model for the airports.

Associated with the proposed employee exchange and benchmark program these are some areas of work that will be proposed to be the main topic of the program, among others :

      1.      Operation
·      Customer service
·      Terminal operation
·      Complaint handling
·      Airport cleanliness & hospitality
     2.      Commercial
·      Commercial business strategy
·      Tenant mixing strategy
·      Airport charges
·      Airport retail business
·      Airport property development
·      Strategic business unit
    3.      Technic
·      New technology
·      Maintenance procedure
·      Management control system
    4.      Human resource development & administration
·      Corporate strategic planning
·      Corporate culture
·      Organization
·      Talent management system
·      Social benefits
·      Career development
·      Training & development

    5.      Research & Development